Senin, 04 Juni 2012

Cervus unicolor, Si Tanduk Indah




    
CAGAR   Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu (GSK-BB) menyimpan banyak keanekaragaman flora dan fauna. Termasuk bianatang  mamalia,  salah satu diantara binatang mamalia  itu adalah Cervus unicolor   atau yang lebih dikenal degan rusa sambar.
Selain di Sumatera,  satwa ini juga bisa dijumpai di Kali-mantan dan  Sulawesi.  Binatang ini sangat memerlukan tempat hidup  yang banyak sumber  air. Oleh sebab itu, biasanya mereka hidup di padang rumput  tepi  sungai atau rawa-rawa di hutan.
Rusa sambar juga dikenal dengan binatang bertanduk  indah. Ia  memiliki ukuran tubuh yang dapat  mencapai tinggi  160 cm  dengan berat badan mencapai  300 kg.  Karena  keindahan tanduk dan juga dagingnya yang merupakan sumber lemak bagi masyarakat pedalaman, binatang ini banyak diburu. Akibat dari kegiatan yang bertentangan dengan hukum ini,  populasi  satwa rusa  sambar di habitat alaminya semakin menurun. Rusa sambarpun kini termasuk ke dalam jenis hewan yang dilindungi. Itulah sekilas mengenai rusa sambar. (afra-gsj/int)

0 komentar: