Jumat, 08 Juni 2012

3.600 Bibit Baung Dilepaskan di GSK-BB


TASIKBETUNG (RP) - Sebanyak 3.600 bibit ikan baung dilepaskan di Tasik Betung, kawasan inti Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu (GSK-BB), Kamis (9/2) siang. 

Bibit ikan tepatnya dilepaskan di areal keramba tempat pelaksanaan uji coba perbesaran ikan baung hasil kerja sama PT Arara Abadi bersama Universitas Islam Riau (UIR).

“Ini hasil kerja sama kami dengan UIR. Ada sekitar 40.000 bibit ikan rencananya yang akan diuji coba besarkan di Tasik Betung ini. Gunanya, jika program ini berhasil dan dapat diajarkan ke masyarakat. Dapat menjadi alternatif mata pencarian masyarakat di Tasik Betung,” ujar Yuyu Arlan Manager Flagship Conservation Sinarmas Forestry, disela-sela kegiatan pelepasan bibit ikan.


Menurut Yuyu, mata pencarian alternatif sangat penting bagi masyarakat di tempat itu. Jika hanya mengandalkan ikan dari sumber alam, yang menjadi mata pencarian mereka saat ini, jumlahnya sangat terbatas. 

Oleh karena itu dengan program tersebut, masyarakat dapat membudidayakan ikan baung. Sementara itu Fatah, dosen perikanan UIR, bibit ikan yang mereka bawa berumur 1-2 bulan. 

Yang umur satu bulan, ukurannya masih sebesar jari kelingking, sementara yang dua bulan sudah agak tiga kali besarnya dari yang umur satu bulan. (ndi)

0 komentar: