Minggu, 24 Juni 2012

Pelestarian Rawa Gambut





SEBAGIAN besar kawasan hutan Riau terdiri dari areal rawa gambut. Kondisi tersebut sesuai dengan kondisi lahan di Riau yang memang hampir sebagian besar terdiri atas tanah gambut. Ada yang mempunyai kedalaman cukup jauh, namun ada juga yang sangat-sangat dalam, sehingga perlu perlakuan khusus terhadap kawasan itu.

Giam Siak Kecil termasuk salah satu kawasan dengan tutupan gambut yang dalam. Karenanya, upaya mengkonservasi kawasan ini bukan saja bermanfaat untuk melindungi habitat satwa dan flora yang ada di dalam areal ini, namun juga menjaga terpeliharanya kondisi lahan yang ada. Karenanya, lahan gambut di Giam Siak Kecil memerlukan perhatian lebih, terutama dalam pengaturan tata air agar keseimbangan ekosistem dapat tetap terjaga dengan baik. Tanpa adanya pemahaman terhadap hal tersebut, lahan gambut akan mengalami degradasi cukup parah, kekeringan bahkan rawan terhadap terjadinya kebakaran hutan.

Pemerintah juga melarang adanya aktivitas penebangan termasuk alih fungsi lahan di kawasan gambut Giam Siak Kecil. Tujuannya untuk tetap mempertahankan kondisi keaslian dari alam dengan kontur lahan gambut tersebut.(febria-gsj/dac)

0 komentar: