Kamis, 24 November 2011

Pemanfaatan yang Lestari


Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu (GSK-BB) merupakan cagar biosfer ketujuh di indonesia yang satu satunya di inisiasi oleh pihak swasta yaitu PT.Sinarmas Forestry (SMF). Karena SMF menghibahkan sebagian dari lahannya sekitar 72.000 hektar lebih untuk menggabungkan dua Suaka Marga satwa yang ada di GSK-BB yaitu Suaka Marga Satwa Giam Siak dengan Suaka Marga Satwa Bukit Batu.

GSKBB merupakan kawasan yang unik. Sebab di dalamnya tedapat berbagai ekosistem. Di antaranya adalah hutan rawa gambut, tasik-tasik dan berbagai sumber daya alam lainnya. Semua itu berpotensi untuk mengembangkan perekonomian masyarakat di sekitar kawasan GSK-BB.

”pihak SMF juga bekerjasama dengan masyarakat untuk membudidayakan Hutan Tanaman Industri (HTI) sebagai peningkatan perekonomian mereka,” ujar Penasehat Lingkungan SMF, Canecio P. Munoz. Lebih jauh pria keturunan Philipina ini juga mengungkapkan bahwa SMF menerapkan prinsip bisnis berdasarkan manajemen pengelolaan hutan yang berkelanjutan bersama masyarakat di GSK-BB. Contohnya dengan menerapkan pengelolaan hutan lestari secara menyeluruh. Kemudian meningkatkan lingkungan sosial yang harmonis dan ramah lingkungan untuk menjamin legalitas asal-usul dan keberlanjutan sumber daya alamnya.

Dalam konsep pengelolaan sumber daya alam, masyarakat sekitar sudah memiliki kearifan lokal yang selaras dengan pemanfaatan yang lestari. Misalnya di kawasan Tasik Betung telah dikenal dengan konsep hutan simpanan. Yaitu hutan yang selalu di renewble ( di perbarui ) secara berkelanjutan.

Di kawasan penyangga, di luar konsesi hutan tanaman industri, sudah mulai masuk usaha tanaman komoditas yang monokultur berupa tanaman perkebunan. Selain itu ada juga pertanian  padi, ladang, perikanan serta usaha lainnya.

Kehidupan tradisional di dusun dusun di dalam kawasan inti sudah selaras dengan alam. Mereka umumnya melakukan pertanian subsisten dan nelayan musiman di wilayah tasik dan sungai-sungainya. Upaya sampingan adalah mengolah hasil hutan non kayu seperti madu dan karet.(fiky-gsj)

0 komentar: